Pendahuluan mata kuliah Teknologi Informasi dan Multimedia

 1. Pengertian Multimedia

Secara bahasa, multimedia terdiri dari dua kata, yaitu multi dan media. Multi banyak, sedangkan media artinya adalah sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan pesan (perantara). jadi Pengertian multimedia adalah perantara pesan yang terdiri lebih dari 1 elemen atau banyak.

Dalam definisi lain, Multimedia adalah sarana komunikasi yang mengintegrasikan teks, grafik, gambar diam dan bergerak, animasi audio, dan media lain. Kombinasi elemen tersebut dapat ditampilkan, disimpan, dikirim, dan diproses dengan sebuah perangkat tertentu. 

Menurut McCormick (1996), Multimedia adalah kombinasi tiga elemen, suara, gambar, dan tulisan.

Menurut Rosch (1996), Multimedia sebagai kombinasi dari komputer dan video. 

Menurut Gumelar (2014), Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, suara, gambar dan video dengan tools (alat bantu) dan link sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, interaksi, berkarya dan berkomunikasi.

 2. Konsep Dasar Multimedia


Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara, animasi, atau bahkan video untuk ditampilkan kepada pengguna komputer. Ada dua jenis multimedia, yaitu multimedia linier (tetap) dan multimedia interaktif (dapat dikendalikan). Pada multimedia interaktif pengguna diberikan fasilitas untuk mengendalikan atau memainkan elemen - elemen multimedia yang tersedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen yang terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai atau pengguna, maka interactive multimedia tersebut berubah menjadi hypermedia. Contoh mudah multimedia linier adalah media televisi.

          Dalam pemanfaatan televisi tidak terjadi suatu interaksi dari pengguna untuk mampu mengendalikan objek multimedia yang dihasilkan. Sedangkan multimedia interaktif yaitu pada game dan aplikasi komputer. Pengguna diberikan fasilitas kontrol agar multimedia dapat berubah sesuai keinginan. Orang atau kelompok yang merancang dan membangun sebuah multimedia disebut Multimedia Developer.
 
3. Pemanfaatan Multimedia
 
  1. Teknik

Dalam bidang teknik, multimedia seringkali dimanfaatkan untuk membuat ssebuah simulasi dengan membuat gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. Untuk manfaat ini, biasanya digunakan pada teknik sipil, teknik industri, dan teknik mesin. Sementara, pada teknik elektro, multimedia ini dimanfaatkan untuk menggambarkan sebuah gelombang.

  1. Kedokteran

Multimedia pada dunia kedokteran digunakan untuk menggambarkan gelombang detak jantung, scanning tubuh manusia menggunakan sinar X, dan juga penggambaran objek berukuran sangat kecil menggunakan mikroskop yang terhubung ke komputer. Bahkan, multimedia saat ini juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan sistem di rumah sakit ataupun apotik, misalnya sebagai untuk mengelola stok obat.

  1. Bisnis

Dalam dunia bisnis, multimedia sering dimanfaatkan untuk pembuatan iklan agar terlihat lebih menarik dan menarik minat masyarakat. Dalam dunia digital, penggunaan multimedia untuk iklan bisa berupa video ataupun iklan animasi. Selain untuk iklan, multimedia juga seringkali digunakan untuk keperluan presentasi. Dengan menambahkan gambar atau animasi secukupnya, maka tampilan presebtasi akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

  1. Hiburan

Siapa yang suka bermain game? Nah, jika kamu termasuk di antaranya, sebenarnya secara tidak langsung kamu sedang memanfaatkan multimedia. Tidak hanya game digital saja, jika kamu sedang menonton video atau film sekalipun, sebenarnya kamu sedang memanfaatkan multimedia.

  1. Pendidikan

Tidak berbeda jauh dengan pemanfaatan multimedia untuk keperluan presentasi, dalam dunia pendidikan, multimedia juga digunakan oleh tenaga pengajar sebagai media penyampaian materi. Hal ini, akan membuat murid dapat semakin mudah menangkap materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar, karena tampilannya menarik dan tidak membuat ngantuk.

 

 4. Multimedia dalam pendidikan

    Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran memiliki aspek kelebihan, antara lain: (1) memung-kinkan terjadinya interaksi siswa dan materi pelajaran; (2) proses belajar secara individual sesuai kemampuan siswa; (3) menampilkan unsur audiovisual dan langsung memberikan umpan balik; dan (4) menciptakan proses belajar yang berkesinambungan. Oleh karena itu, guru harus selalu membekali diri dengan skill pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran dengan benar agar hasil pembelajaran lebih optimal.


5. Multimedia untuk aplikasi umum

    Pemanfaatan multimedia untuk orang banyak yang bersifat umum adalah menjadikan multimedia sebagai sarana untuk menyebarkan informasi, ilmu, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan manusia sehari-hari. Hal-hal yang dapat digunakan untuk aplikasi umum adalah contohnya seperti broadcast berita yang disiarkan langsung dan dapat disaksikan oleh semua orang, kemudian bisa juga untuk menyebarkan PSA atau Public Service Announcement menggunakan media gambar, teks, atau suara.


6. Internet Based

    Internet based multimedia menjadi trending saat ini karena banyaknya orang yang menggunakan internet sebagai sarana melihat konten multimedia. Salah satu contoh dari internet based multimedia adalah aplikasi sosial media dan aplikasi streaming video maupun audio, dimana semua orang dapat melihat, membaca, dan mendengar semua konten multimedia tersebut diseluruh dunia. Internet based multimedia akan menjadi hal terbesar pada era teknologi industri 4.0.

0 komentar:

Komentar

No Junk, No Sara, No Rasis. Jangan memakai kata kasar dalam berkomentar. dilarang promosi.