Fungsi Produksi

Hubungan teknik antara faktor produksi (input) dengan hasil produksi (output) disebut fungsi produksi. Faktor produksi merupakan hal yang mutlak dalam proses produksi karena tanpa faktor produksi, kegiatan produksi tidak dapat berjalan.

Secara umum, fungsi produksi menunjukkan bahwa jumlah barang produksi tergantung pada jumlah faktor produksi yang digunakan.

Pada umumnya ekonomi menggunakan fungsi produksi untuk menggambarkan hubungan antara input dan output. Fungsi produksi menunjukan berapa banyak jumlah maksimum output yang dapat diproduksi apabila sejumlah input yang tertentu dipergunakan pada proses produksi (Sri Adiningsi, 1999: hlm 5)

Teori produksi yang paling banyak dikenal adalah “Hukum Tambahan Hasil yang Semakin Berkurang” atau Law of Diminishing Return. Teori produksi ini dikemukakan David Ricardo yang tertulis di dalam bukunya yang berjudul “Principle of Political Economic and Taxation”. 

Jadi, fungsi produksi adalah bagaimana cara kita untuk menunjukan berapa banyak jumlah maksimum output yang dapat diproduksi bila sejumlah input dipergunakan dalam proses produksi.

Reference :
https://www.bambanghariyanto.com/2013/11/pengertian-dan-fungsi-produksi.html
https://portal-ilmu.com/teori-produksi-dalam-ekonomi/

0 komentar:

Komentar

No Junk, No Sara, No Rasis. Jangan memakai kata kasar dalam berkomentar. dilarang promosi.