Bagaimana cara kerja RAM? Dan apa Fungsinya? Perlukah ukuran RAM besar?


*Teks ini ditulis bedasarkan pengalaman Penulis.

Apa itu RAM? Ram adalah Random Access Memory yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari harddisk menuju Prosesor dan sebaliknya. Mengingat kelemahan Harddrive yang memiliki akses lambat (Biasanya dibawah 500MB/s) yang membuat Processor harus menunggu data yang pada akhirnya, menyebabkan komputer bekerja lambat. Sehingga diperlukan RAM untung mengatasi lambatnya hard disk ini.
Artikel ini ditulis oleh https://aryaputraz.blogspot.co.id
Lalu apa fungsi utama dari RAM? Fungsi utama dari RAM adalah utuk menyimpan data hasil proses dari Processor dan data yang akan diproses. Ini sebabnya mengapa Orang-orang kebanyakan menyebut RAM sebagai penambah kecepatan Multitasking. Semakin banyak aplikasi yang terbuka, semakin banyak data yang disimpan secara sementara oleh RAM.
Artikel ini ditulis oleh https://aryaputraz.blogspot.co.id
Lalu perlukah RAM dalam ukuran/skala Besar? Jawaban ini bisa bervariasi, Tergantung dari kebutuhan sang pengguna. Jika prosesor memadai, maka gunakan RAM dalam ukuran besar dan kecepatan tinggi (DDR5 untuk saat ini). Tetapi jika processor lemah, maka tidak memerlukan RAM dengan ukuran besar.
Artikel ini ditulis oleh https://aryaputraz.blogspot.co.id

F.A.Q:


Processor saya Intel Pentium 4, Perlukah saya upgrade RAM menjadi 8GB? Saya ingin Komputer saya berjalan Cepat!
Tidak perlu. Ram besar bukan berarti peforma cepat. Ingat, Processor > RAM dalam hal kecepatan. Anda Harus mengupgrade Processor anda terlebih dahulu, baru mengupgrade RAM.

Mengapa demikian? Karena Jika anda tetap Stay di Intel Pentium 4, lalu anda mengUpgrade RAM anda menjadi 8GB, maka Load Processor akan terlebih dahulu mentok di 100% sebelum RAM tersebut penuh. Dan ram 8GB menjadi terbuang sia sia.

HP Saya memiliki RAM sebesar 8GB! Apakah hp saya akan berjalan dengan sangat cepat?
Jawaban yang tepat adalah BELUM TENTU! Karena kembali kepada konteks awal, bahwa Processor sangat berpengaruh pada kecepatan daripada RAM. Percuma bila processor lambat tetapi RAM Besar karena Load processor akan terlebih dahulu mentok sebelum RAM keseluruhan terpakai.

RAM Besar itu berarti Peforma Lancar! benarkah hal ini?
TERGANTUNG! Jika kalian memiliki Intel Core i7 Terbaru, maka hal ini benar. Tetapi jika hanya memiliki processor Intel Pentium 4, maka hal ini tidak benar.

Perlu diketahui pula bahwa Peforma ram tidak hanya dihitung dari seberapa besar ukuran melainkan juga dari kecepatan RAM yang biasanya diukur dalam satuan MHz (contoh : RAM 4GB 12800MHz DDR3). Dan juga Apakah RAM tersebut menggunakan Dual-Channel atau Single-Channel (Pada PC). Pada intinya RAM tidak selalu menentukan kecepatan komputer tersebut.

1 komentar:

No Junk, No Sara, No Rasis. Jangan memakai kata kasar dalam berkomentar. dilarang promosi.